- Back to Home »
- Blognya matematika »
- contoh rpp matematika statistika kurikulum 13 beserta bahan ajar
Nama
Sekolah :
SMK N 1 Bonjol Mata
Pelajaran :
Matematika Kelas /
Semester : XII/1 Materi
Pokok : statistik,
statistika, populasi dan sampel Alokasi
Waktu : 6 JP Standar Kompetensi : 2.1
Menerapkan aturan konsep statistika dalam pemecahan masalah Tujuan Pembelajaran 2.1.1 Melalui telaah
buku teks, peserta didik dapat membedakan statistik, statistika, populasi dan
sampel dengan benar 2.1.2 Melalui telaah buku teks, peserta didik
dapat menjelaskan cara pengumpulan dan penyajian data 2.1.3 Melalui telaah buku teks, peserta didik
dapat Mensimulasikan data dalam bentuk tabel dan diagram (batang, lingkaran,
garis, gambar), histogram dengan tepat KEGIATAN PEMBELAJARAN Ø
Kegiatan Pendahuluan Menyiapkan
mental dan fisik peserta didik (cek kebersihan, kerapian, salam, doa dan cek
kehadiran Melalui
media(papan tulis), dijelaskan dengan singkat tujuan pembelajaran/indikator
yang akan dicapai Menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan langkah-langkah kegiatan Ø
Kegiatan inti Pertemuan 1 Peserta didik menyebutkan contoh
data yang pernah ditemui siswa dalam kehidupan sehari-hari. Mendiskusikan pengertian dan
kegunaan statistika. Mendiskusikan perbedaan pupulasi dan
sampel Mendiskusikan macam-macam data dan
contohnya serta cara penyajiannya Pertemuan 2 Peserta didik masing-masing membuat
satu contoh yang berbeda dan membuatkan diagramnya Guru mencek contoh yang dibuat
peserta didik Ø
Penutup Membuat rangkuman/kesimpulan
pelajaran Menutup pertemuan dengan salam Penilaian Pembelajaran Teknik penilaian : tes Bentuk instrumen :
tes lisan Bonjol, Kepala Guru
BidangStudi Nip.
Nip. Lampiran Materi Ajar A.
Pengertian Statistika Statistika merupakan ilmu yang mempelajari
tentang metode pengumpulan, penyajian, analisis,dan pengujian data sehingga
dapat menghasilkan keismpulan atau informasi yang berguna tentang suatu hal. Secara
umum statistika dibagi menjadi dua bagian yaitu: 1.
Statistika deskriptif Yaitu
metode yang berkaitan dengan teknik pengumpulan dan penyajian data sehingga
menghailkan informasi yang berguna. 2.
Statistika inferensial Yaitu
metode yang berhubungan dengan analisis data (sampel) yang dapat digunakan
untuk peramalan atau penarikan kesimpulan tentang data keseluruhan. Untuk mencari kesimpulan tentang sejumlah data
yang besar, umumnya yang diteliti hanya sebagian data saja. Sebagian data yang
diteliti disebut sampel, dan seluruh data yang akan ditarik kesimpulan disebut
populasi. B.
Pengumpulan dan penyajian data Ada
beberapa cara mengumpulkan data, diantaranya adalah: i
Penelitian langsung (pengamatan) ii
Wawancara (interview) iii
Angket (kuesioner) iv
Mengambil atau menggunakan sebagian atau
seluruh data yang telah dicatat oleh peneliti terdahulu. Data
yang dikumpulkan dapat disajikan dengan beberapa cara, diantaranya adalah: 1. Diagram
Lambang (pitogram) Contoh 1: Jumlah
penduduk kota X pada tahun 1990 dan 1997 disajikan dengan diagram lambang
berikut 1990 1997 Catatan
:
2. 2. Diagram
lingkaran
Contoh 2:
Komposisi
penduduk kota X disajikan dengan diagram lingkaran adalah sebagai berikut
Remaja =
30%
Anak = 25%
Dewasa =
45%
3. 3. Diagram
batang
Contoh 3:
Diagram 1
merupakan diagram batang yang menyajikan jumlah siswa SMK dan SMA pada tahun
1980 dan 1985 di kota X
Diagram 1
Diagram 2
4. 4. Diagram
garis
Contoh 4:
Diagram 2
merupakan diagram garis dari besarnya pendapatan sebuah warung dari hari senin sampai
minggu
Diagram
3
5. 5. Diagram Batang
Daun
6. Diagram Kotak Garis
Contoh:
7. Tabel distribusi frekuensi, histogram, dan poligon frekuensi
Salah satu
cara menyajikan data adalah dengan tabel distribusi frekuensi. Tabel ini
terdiri dari beberapa kelas. Setiap kelas mempunyai interval kelas yang sama.
Tabel 1 merupakan contoh tabel distribusi frekuensi.
Contoh 5:
Data |
Frekuensi |
kelas |
1 – 5 |
7 |
1 |
6 – 10 |
2 |
2 |
11 – 15 |
10 |
3 |
16 – 20 |
8 |
4 |
21 – 25 |
9 |
5 |
26 – 30 |
5 |
6 |
Tabel 1
terdiri atas 6 kelas dengan interval kelas = 5. Setiap kelas mempunyai tepi
bawah kelas, tepi atas kelas, dan titik tengah kelas. Misalnya untuk kelas 3
Histogram merupakan diagram batang dari distribusi frekuensi. Diagram 3 adalah histogram dari distribusi frekuensi pada contoh 5
RPP
Nama Sekolah : SMK N 1 Bonjol
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas /
Semester : XII/1
Materi Pokok : Ukuran
pemusatan data
Standar Kompetensi : 2. 3
Menentukan ukuran pemusatan data
Tujuan Pembelajaran
2.3.1 |
Melalui telaah
buku teks, peserta didik dapat membedakan data tunggal dan data berkelompok dengan
benar |
2.3.2 |
Melalui telaah buku teks, peserta didik
dapat menentukan nilai mean, median dan modus data tunggal dan data
berkelompok dengan benar dan teliti |
Ø
Kegiatan Pendahuluan Menyiapkan
mental dan fisik peserta didik (cek kebersihan, kerapian, salam, doa dan cek
kehadiran Melalui
media(papan tulis), dijelaskan dengan singkat tujuan pembelajaran/indikator
yang akan dicapai Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan
langkah-langkah kegiatan |
Ø
Kegiatan Inti Pertemuan 1 Peserta didik diminta membuat sebuah data
berupa susunan bilangan sembarang Secara acak diambil salah satu susunan
bilangan yang telah dibuat peserta didik kemudian bersama-sama didiskusikan
pengertian mean, median, dan modus data tunggal Mengerjakan latihan soal tentang mean,
median, dan modus data tunggal Mencek latihan Mendiskusikan cara menentukan nilai mean,
median, dan modus data berkelompok Mengerjakan latihan soal tentang mean,
median, dan modus data berkelompok Mencek latihan |
Ø
Kegiatan Penutup Membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran |
Rancangan Penilaian
Teknik Penilaian : tes
Bentuk instrumen : tes tertulis
Bonjol,
Kepala Guru
BidangStudi
Nip. Nip.
Lampiran
Materi Ajar
A.
Ukuran pemusatan Data Tunggal dan Data
Berkelompok
Ukuran pemusatan terdiri atas : rata-rata, median, modus, dan
quartil
Misal x1, x2, x3, ..., xn adalah
sekelompok data yang telah diurutkan, maka:
Contoh:
Modus = data yang paling banyak muncul